Chivas Regal Effect adalah soal persepsi harga dan kualitas. Sebelum saya jelaskan lebih lanjut, mari kita flasback ke belakang, bagaimana sejarah dari munculnya Chivas Regal Effect ini. Nama Chivas Regal merupakan merek sebuah wiski Scotch yang diproduksi pada tahun 1786 oleh Chivas bersaudara, dengan menggunakan rumah mereka Strathisla di Keith, Moray di Speyside, Skotlandia sebagai tempat penyulingan. Singkat cerita, merek wiski ini sekarang menjadi merek premium, padahal dulunya merek Chivas Regal tidak terlalu populer bahkan jarang dikenal. Ada cerita unik di balik kesuksesan dan kepopuleran wiski Chivas Regal ini, yang kemudian melahirkan apa yang disebut dengan Efek Chivas Regal.
Bermula ketika Chivas bersaudara yang saat itu tengah berjuang keras mempromosikan wiski buatan mereka untuk kalangan kelas atas, sekaligus untuk mendongrak penjualan yang rendah. Pada umumnya strategi pemasaran yang diterapkan oleh produsen untuk merebut dan mendapatkan pangsa pasar, selain menurunkan harga, adalah dengan meningkatkan mutu produk. Tapi Chivas Brother malah melakukan hal yang berbeda, kualitas tidak ditingkatkan malah harga yang dinaikkan dua kali lipat. Ini seperti strategi premium pricing. Nah, kenaikan harga ini malah... BACA SELENGKAPNYA
Post a Comment