Kita mulai dari sebuah soal cerita...
PT. XYZ membuka rekening bisnis di bank ABC, untuk menampung sebagian dari uang tunai yang dimiliki oleh perusahaan, sekaligus sebagai kontrol terhadap arus kas secara umum. Beberapa transaksi perusahaan melibatkan rekening bisnis tersebut, misalkan untuk pembayaran supplier, penerimaan piutang usaha, pemindahan saldo antar rekening, pembayaran gaji, dan lain sebagainya. Setiap bulan, bank ABC akan mencetak rekening koran sebagai catatan atas segala transaksi yang terjadi pada rekening bisnis tersebut selama periode satu bulan. Dalam rekening koran tersebut pada umumnya akan memuat berapa saldo awal, total debet, total kredit, dan berapa jumlah saldo akhir rekening bulan berjalan.Nah, tentunya PT. XYZ juga memiliki catatan sendiri pada bagian akuntansi terhadap seluruh transaksi yang dilakukan. Sama seperti bank, saldo awal, jumlah pemasukan, jumlah pengeluaran, dan berapa saldo akhir. Bagian pembukuan harus ... artikel lengkap KLIK DI SINI
Post a Comment